Halaman

Selasa, 20 Maret 2012

CONTOH SOAL DAN PEMBAHASAN UN BAHASA INDONESIA

1. Berdasarkan masalah yang dihadapi diatas penulis tergerak untuk menemukan penyebab meningkatnya kenakalan remaja akhir-akhir ini.
Perbaikan kata bercetak tebal menjadi kata bermakna lugas dalam kalimat tersebut adalah
A.Bertujuan
B.Berdiskusi
C.Berbagi
D.Berkeinginan
E.Berkewajiban
Pembahasan :
Kata tergerak dalam kalimat tersebut adalah kata kiasan. Agar kata tersebut maknanya menjadi lugas dapat di ubah menjadi berkeinginan.
jawabannya adalah D

2. Demikian surat lamaran saya. Mohon maklum dan terima kasih
Penutup surat lamaran tersebut dapat diperbaiki menjadi
A.Demikian surat lamaran saya. Atas perhatian Bapak/Ibu saya mengucapkan terima kasih.
B.Demikian lamaran saya. Atas perhatiannya saya sampaikan lamaran  yang sebesar-besarnya.
C.Demikian lamaran ini saya buat dengan kesungguhan untuk dapat di terima. Terima kasih.
D.Atas perhatian dan diterimanya lamaran ini saya ucapkan terima kasih
E.Demikian lamaran saya untuk mendapat perhatian dari Bapak/Ibu.
Pembahasan :  
Kalimat penutup surat lamaran yang  paling tepat adalah Demikian surat lamaran saya Atas perhatian Bapak/Ibu, saya mengucapkan terima kasih.
jawabannya adalah A
3. cermati kalimat berikut!
Adapun di dalam karya tulis ini akan membahas alternatif sumber energi dimana lebih efektif dan efisien. 
 
kalimat dalam karya tulis diatas dapat di perbaiki menjadi
A.Di dalam karya tulis ini akan membahas alternatif sumber energi yang lebih efektif.
B. adapun karya tulis ini akan membahas alternatif sumber energi yang efektif dan efisien.
C.Dalam karya tulis ini akan dibahas alternatif  energi yang lebih efektif dan efisien.
D.Karya tulis ini akan dibahas energi alternatif yang lebih efektif dan efisien.
E.Adapun dalam karya tulis ini dibahas energi alternatif yang lebih efektif dan efisien.
Pembahasan :
Kalimat tersebut merupakan kalimat yang tidak efektif karena mencamtumkan kata-kata yang tidak perlu, seperti adapun, dimana. Kalimat tersebut dapat di perbaiki menjadi "Dalam karya tulis ini akan dibahas energi alternatif, yang lebih efektif dan efisien".
 jawabannya adalah C
4. Judul : Kerikil Tajam Yang Terhempas Dan Yang Putus
perbaikan penulisan judul yang tepat sesuai EYD adalah
A.Kerilkil Tajam Yang Terhempas dan Yang Putus
B.Kerikil tajam yang terhempas dan yang putus
C.Kerikil Tajam yang Terhempas dan yang Putus
D.Kerikil Tajam Yang Terhempas dan Yang putus
E.Kerikil Tajam yang Trehempas dan yang putus
pembahasan :
Penggunaan huruf kapital yang benar dalam judul tersebut adalah Kerikil Tajam dan yang Terhempas dan yang Putus. Kata yang dan dan merupakan konjungsi, yaitu kata atau ungkapan penghubung antarkata, antarfrase, antarklausa, dan antarkalimat. Dalam penggunaanya konjungsi tidak perlu ditulis dengan huruf kapital, kecuali terdapat pada awal kalimat.
jawabannya adalah E 
 
5. Cermatilah lowongan lapangan kerja berikut!
Lowongan kerja
Dibutuh segera:
2 orang tenaga accounting pada perusahaan garmen
-Umur 25 tahun
-S-1 akuntansi
-Berpengalaman min 1 tahun
Lamaran kirim ke
PO BOX TGR 1111
Tribun, 22 April 2008 
Kalimat pembuka surat lamaran yang sesuai dengan iklan tersebut adalah
A.Saya Accounting berpengalaman untuk itu saya mengajukan lamaran kerja di perusahaan Bapak.
B.Yang bertanda tangan dibawah ini, Reza, 28 tahun Sarjana Akuntansi berpengalaman mengajukan lamaran pekerjaan di perusahaan Bapak.
C.Saya membaca iklan Bapak di muat di tribun 22 Aprl 2008, yamg menyatakan bahwa perusahaan Bapak membutuhkan tenaga accounting.
D.Berdasarkan ikalan di majalah Tribun, selasa, 22 April 2008, saya mengajukan lamaran sebagai tenaga accounting di perusahaan yang Bapak pimpin.
E.Dengan ini saya megajukan permohonan pekrejaan sebagai tenaga accounting karena saya berpengalaman di bidang itu.
pembahasan :
Dalam surat lamaran kerja biasanya dicantumkan sumber dan tanggal di mana kita melihat iklan lowongan kerja itu. jadi., kalimat pembuka surat lamaran yang sesuai dengan iklan tersebut terdapat pada pilihan D. 
jawabannya adalah D

10 komentar: